Home » » Cara Ampuh Mengatasi/Memperbaiki Bootloop pada Android

Cara Ampuh Mengatasi/Memperbaiki Bootloop pada Android

Posted by APLIKASI ANDROID on Thursday, October 23, 2014

Cara Mengatasi/memperbaiki android yang tidak bisa booting/Bootloop - Secanggih - canggihnya Smartphone namun ada rusak dan errornya juga salah satunya ialah proses Bootloop yang terjadi di setiap tipe Handphone Android tersebut, Yang dimaksud dengan bootloop/Istilah bootloop pada android ialah ?  Suatu proses gagal booting yang terjadi karena masalah kerusakan pada system android dimana device/perangkat gagal startup sehingga Hp Tidak bisa menyala dan biasanya berhenti di logo android saja dan tidak mau masuk pada menu home.

Cara memperbaiki dan mengatasi android yang terkena bootloop

Android Bootloop merupakan salah satu masalah yang sering terjadi pada pengguna ponsel/tablet android, Penyebab bootloop android biasanya terjadi karena ponsel/ tablet android gagal dalam upgrade system ada juga yang salah dalam menggunakan Stock rom/firmware yang bukan di rekomendasikan, sehingga pada saat Hp android di restart/nyala ulang, maka proses bootlloop biasanya terjadi ialah munculnya logo android atau logo merek ponsel saja seperti pada Hp android seperti axioo, epad, lenovo, movimax, imo, advan, cyrus, htc, beyond, acer, samsung, asus dan Andromax dan berhenti dan mengulang - ulang disitu saja. Banyak dari pengguna android yang bertanya - tanya pada kejanggalan Bootloop tersebut seperti :

Bagaimana Cara mudah dan cepat Mengatasi Bootloop Android?
Kenapa Android saya ketika dinyala/hidupkan hanya muncul dan berhenti di Logo Handphone ?
Mengapa Hp Android saya Mati Secara Tiba - tiba?
Dan Mengapa Android saya tidak bisa Masuk ke Menu?

Untuk Cara Mudah Memperbaiki Bootloop android anda Harus mengetahui Dimana Kerusakanya Atau Penyebab Kerusakanya apakah Karena Ganti Costume Room Yang salah atau karena memodifikasi Tampilan SystemUI android serta cara decompile dan Recompile android dan banyak lagi yang lainnya.

Nah untuk anda yang ingin mengatasi dan menyembuhkan bootloop android anda di tuntut untuk Tenang dan menyimaknya tanpa melewati stepnya .

Macam - Macam Bootloop Android Beserta Cara Mengatasi/Memperbaiki Android yang Bootloop/Tidak bisa Booting

  • Android Light Bootloop, light bootloop ini biasa terjadi karena pengguna Android/Tablet ketika dalam keadaan pemakaian normal, misalnya dalam Install Apk, Bermain Game Namun Tiba-Tiba Saja Android anda Reboot atau Restart Sendiri dan saat di nyalakan kembali hanya sampai logo saja. Tetapi bootloop ini Sangat mudah di perbaiki.
Cara Mengatasi Light Bootloop Pada Android Tanpa PC: Untuk Mengatasi atau memperbaiki android Light Bootloop anda hanya perlu melepaskan Baterai Android dan tinggal buka Casing Belakang dan Lepas  dan tunggu beberapa saat , Lalu Pasang Kembali dan hidupkan Kembali Android Anda.
  • Android Medium Bootloop, kerusakan Bootloop Android ini Terjadi Karena Pengguna Mengutak-atik Android Tersebut Dan Masuk Ke System Recory atau CWM Yang biasanya untuk Membuka System (Rooting) kerusakan ini termasuk dalam tingkat menengah tapi masih bisa untuk di Perbaiki Karena Handphone anda masih bisa masuk CWM Dan Masih Bisa di Backup Kembali.
Cara Mengatasi Android yang Medium Bootloop Tanpa Flashing: Untuk mengatasi atau memperbaiki bootlopp ini anda harus Menggunakan PC/Laptop untuk membackup data recovery image+File recovery CWM atau Original. Namun Cara ini akan berhasil bila anda pernah backup data ROM anda, jika belum pernah Anda bisa cari data Recovery yang Sama di google Karena Bila tidak sama tentu tidak akan bisa untuk di Restore.
  • Android Hard Bootloop, Kerusakan Hard Bootloop Adalah Karena Kita Mengedit Sricpt yang ada di Dalam Android Tersebut Seperti Mengupgrade OS , ganti Stock ROM yang berbeda dan Compile APK yang salah ciri - ciri bootloop android ini Dan biasanya ketika waktu Di hidupkan Hanya Sampai Logo Saja Dan Tidak Bisa Di Utak Atik lagi 
Cara Mengatasi Bootloop android Hard : Android Hard Bootloop Pada kasus Paling Parah Ini Cara Memperbaikinya Kita Harus Menggunakan PC yang sudah Di Install Aplikai Khusus atau Tertentu Untuk Install Ulang OS Android atau melakukan Flashing android Anda yang sering Di Sebut Flashing Rom/ Firmware. Tapi Cara Install Ulang OS Android Itu Berbeda-Beda tergantung dari beberapa tipe dan merk Smartphone tersebut. Misalnya :

1. Untuk Handphone android dengan fitur voice call/ nelpon yang menggunakan cpu MTK seperti beberapa type phone samsung, imo, axioo, beyond, acer, mito, advan vandroid, htc android dll perlu menggunakan alat bantu flashing tool seperti SP flash tool untuk CPU MTK

2. Untuk merk android terkenal biasanya disediakan tool flashing khusus. Seperti Handphone LG dengan KDZ Tool, ZTE Tab Light dengan Sales_MultiDL, Samsung Galaxy  menggunakan ODIN.

3. Sedangkan untuk mengatasi bootloop android tidak mau menyala dan tidak bisa masuk ke menu pada tablet dengan chipset cpu Allwinner seperti cyrus pad, treq basic, imo z 5, speed up, websong dll bisa menggunakan livesuits.

4. Masih ada cara flashing rom allwinner dengan micro sd menggunakan software tool Phoenix card.

5. Untuk Smartfren Androtab, tabulet Troy, cube dan hand phone/tablet android lainnya yang memakai type cpu RockChip gunakan software flashing firmware dengan  RK BatchTool.

6. Beberapa teknisi tempat service phone-tablet android ada yang tahu cara membuat custom rom (porting rom) yang cocok untuk mengatasi android bootloop.

Note : Cara Yang paling Ampuh untuk mengatasi bootloop ialah dengan Masuk ke CWM Recovery cara ini berguna untuk mengembalikan android pada tampilan/settingan pabriknya dengan kata lain anda harus rela untuk kehilangan File kontak dll atau Aplikasi yang ada di penyimpanan telepon.

1. Caranya pilih salah satu langkah yang Work dengan android anda :
  • Menekan Tombol Volume - di barengi dengan Tombol Power.
  • Tekan Volume + dan Power Secara Bersamaan.
  • Tekan Volume -/+ >> Menu >> Power.
2. Selanjutnya pada tampilan recovey mode anda pilih Wipe data/factory reset/Wipe data cache dan pilih yes/Confirm menggunakan Power(untuk memilih opsi anda bisa gunakan tombol Volume - dan + )

3. Selanjutnya anda pilih Yes -- delete all user data, dan terkahir anda pilih reboot.

Cara mengatasi dan penyebab bootloop android

Namun jika cara diatas tidak bisa dan tidak berhasil maka anda harus melakukan Cara Flashing/instal ulang android anda dengan menyiapkan Firmware yang sesuai dengan tipe dan merk androidnya.

Sampai disini dulu pembahasan dalam Cara Penanganan android yang bootloop, semoga cara-cara diatas bisa membantu dan dipraktekan, selamat mencoba semoga artikel ini berguna.

Thanks for reading & sharing APLIKASI ANDROID

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

Search

Powered by Blogger.