Home » , » Tips Cara Mengganti Kernel Android Lengkap dengan Gambar

Tips Cara Mengganti Kernel Android Lengkap dengan Gambar

Posted by APLIKASI ANDROID on Saturday, January 18, 2014

Meskipun hujan membahasi, Divandroid akan memberikan artikel android 'Tips Cara Mengganti Kernel Android Lengkap dengan Gambar dan Cara Install di Komputer. Kernel adalah sistem inti yang menjadi inti dari sistem operasi.

Operasi-operasi yang dijalankan oleh Operating System (OS), itu diproses oleh kernel. Kernel di HP Android juga bisa dimodifikasi dan tentunya akan membawa keuntungan bagi sistem operasi atau custom romnya itu sendiri.

Biasanya, orang mendevelop kernel itu disesuaikan dengan custom rom nya. Kita tidak bisa seenaknya mengganti kernel kita dengan kernel lain yang tidak direkomendasikan oleh pembuat custom rom. Biasanya apabila custom rom telah ditingkatkan levelnya ke yang lebih tinggi maka kernelnya juga dirubah.

Di saat kita memflashing custom rom pada handset android kita, di dalam custom rom itu sendiri sebenarnya sudah tersedia kernel. dan terkadang kernel tersebut sudah dimodifikasi. namun tidak semua handset menyediakan custom kernel. ada beberapa handset, yang bootloadernya dikunci oleh perusahaan handsetnya. sehingga kita cuman dapat mengganti OSnya, tanpa dapat mengganti kernelnya. Sedangkan untuk DHD, bootloadernya tidak dikunci, sehingga kita bebas flashing kernel.

Kali ini yang akan saya telah mencoba mengganti kernel di tipe ponsel HP Xperia, tepatnya Xperia X10 Mini. Pada xperia kita gunakan software bernama Flashtool (sama seperti pada saat kita mem-flash rom xperia x10 mini pro). Berbeda dengan hp samsung yang menggunakan software bernama Odin. Alasan mengapa kedua vendor ini memakai software yang berbeda, karena ya memang mereka berbeda mungkin, hahaha. Tidak bisa ponsel tipe xperia dipaksa menggunakan Odin dan sebaliknya samsung menggunakan Flashtool.

Langkah-langkah Tutorial Cara Mengganti Kernel Android Dengan Gambar sebagai berikut :
  • Langkah pertama persiapkan sebuah ponsel android Xperia X10 Mini, software Flashtool, dan kernel khusus untuk Xperia X10 Mini.
  • Install dan buka Flashtool. Jangan sampai lupa menginstall drivernya. Sudah tersedia di drive C: di folder Flashtool/drivers/ contohnya gambar ini

cara mengganti kernel android
Tahap Selanjutnya taruh kernel yang sudah anda miliki ke folder Flashtool/firmwares/ seperti gambar dibawah ini
cara mengganti kernel android1
Pada Flashtool, pilih logo Flash (logo paling kiri gambar petir) dan tekan flash mode. Disana akan terlihat firmware list, apa saja yang sudah anda taruh di folder firmwares tadi.
gambar cara flashing android
Daftar Firmware

Cari kernel mana yang hendak anda install di ponsel anda.

Jangan sampai salah menginstall kernel karena bisa berakibat FATAL. Gunakan kernel yang tepat. Misal gingerbread, kernelnya juga harus kernel gingerbread.

Terakhir tekan tombol ok di pojok kanan bawah dan anda sudah siap untuk memulai proses flashing.
Matikan ponsel anda, tekan dan tahan tombol back, sambungkan ponsel ke PC anda. Tunggu hingga proses mencapai 100%. Jangan sampai baterai habis ya.
gambar cara flashing hp xperia android
Perlu diingat, disini saya hanya mengajarkan bagaimana cara flashing kernel android menggunakan Flashtool, jadi target saya adalah orang-orang yang sudah pernah melakukan berbagai macam tutorial flashing dan sudah memiliki file kernel yang memang sudah sesuai dengan versi dan tipe hp android, flashtool, dan lain-lain tapi masih bingung bagaimana cara menggunakannya sehingga saya juga tidak menyertakan link download dari masing-masing file.

Semoga dapat bermanfaat untuk pengguna developers android semua. xD. Tips Cara Mengganti Kernel Android Lengkap dengan Gambar Cara Flashing yang bersumber CHIP, Gigabyte Processor, Automatic Steer System.

Thanks for reading & sharing APLIKASI ANDROID

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

Search

Powered by Blogger.