Home » » Cara Menggunakan Link2SD untuk memindah ke memori SDCard

Cara Menggunakan Link2SD untuk memindah ke memori SDCard

Posted by APLIKASI ANDROID on Thursday, January 16, 2014

Masih seputar permasalahan di Android, artikel kali ini bertema Cara Menggunakan Aplikasi Link2SD untuk memindahkan memori dari internal ke eksternal atau dari Hardisk SD ke MicroSD. Cara Memindahkan Aplikasi Android Ke Eksternal (SDCard) dan Cara Partisi Memory SDCard Android Untuk Link2SD.
--> Sebetulnya tidak ada cara atau settingan khusus dalam Link2SD. Sama sekali tidak ada trik dan patch-patch yang harus digunakan karena aplikasi ini juga tersedia secara gratis. Aplikasi Terbaru Link2SD di tahun 2014 ini juga memiliki fitur program dan komponen yang sama hanya saja memperbaiki bug sedikit dibagian Macro.

Setelah menjawab beberapa pertanyaan-pertanyaan dari pembaca yang dapat saya simpulkan dan sering menjadi pertanyaan itu mengapa memory internal tetap penuh padahal aplikasi sudah di create link mulai dari app, dalvik-cache dan lib.

Saya sendiri tidak bisa memastikan apa penyebabnya. Apakah aplikasi systemnya banyak, apakah pengguna menyimpan video HD di memory telepon atau memang proses linking nya belum sempurna saya tidak tahu.
Cara menggunakan Link2SD, pertama saya anggap anda sudah berhasil mempartisi dan menginstall Link2SD di ponsel anda sampai Link2SD sudah siap digunakan.

Untuk memindahkan aplikasi dari internal ke eksternal SDCard, pilih aplikasi apa saja yang sudah anda install sebelumnya dari daftar list di Link2SD. Kemudian tekan + tahan hingga muncul pop up lalu pilih Create Link. Lihat screenshoot contoh penggunaan aplikasi Link2SD ini.
cara menggunakan link2sd android
cara menggunakan link2sd hp android
Di gambar pertama ada aplikasi yang saya beri warna merah, itu menandakan aplikasi tersebut belum saya pindah ke Memori eksternal kita seperti Micro SD Card.

Lanjutkan dengan memilih opsi :
Tekan Create Link

Sesudah memilih Create Link, langkah selanjutnya tekan OK. Namun perlu dipastikan ketiga checklist harus tercentang. Tidak boleh salah satu dari ketiga checklist itu tidak di check. Tunggu sampai proses selesai dan hingga aplikasi berhasil dipindah.






cara menggunakan link2sd android2
Muncul notifikasi tampilan bahwa aplikasi android tersebut sudah dipindahkan dan berjalan di memori exsternal anda. Selamat anda berhasil memindah aplikasi ke SDCard :) untuk memastikan apakah aplikasi benar-benar sudah terpindah sangat mudah. Tekan + tahan aplikasi itu sekali lagi kemudian pilih Create Link lagi. Jika benar berhasil, maka dibawah masing-masing ketiga checklist akan ada warning already linked.









cara menggunakan link2sd android2
Satu hal lagi bagi anda yang sudah terlanjur menginstall aplikasi begitu banyaknya (contoh 100 aplikasi) dan ingin memindahkannya ke SDCard, daripada memindahnya satu per satu ada caranya supaya linkingnya bisa serentak 20 aplikasi / 100 aplikasi sekaligus asalkan baterai anda dalam keadaan penuh.

Pada list aplikasi di Link2SD, tekan tombol opsi kemudian pilih multi-select lalu select all. Lihat gambar seperti dibawah.

aplikasi link2sd android

memindahkan link2sd android
Seharusnya seluruh aplikasi yang sudah anda sematkan di memory telepon akan menjadi tercentang seperti pada gambar setelah anda melakukan hal tersebut. Selanjutnya tekan Actions (bawahnya select all) dan pilih Create Link.
Lihat panduannya di gambar berikut :
create link2sd android
cara menggunakan link2sd android gambar
 Seperti itu tampilannya setelah Create Link anda pilih. Disitu tertera berapa banyak aplikasi yang akan anda link. Pilih OK.

Masih bingung cara menggunakan Link2SD? Mari belajar di forum android.
Terakhir yang harus anda perhatikan dan ini sangat penting, tutorial diatas merupakan cara memindah aplikasi (linking) ke SDCard secara manual. Ada cara otomatis yang tidak begitu ribet bila dilakukan. Pada saat anda menginstall aplikasi (entah melalui installer APK atau Playstore) secara otomatis Link2SD akan me-link aplikasi itu ke eksternal. Caranya dengan menekan tombol opsi pada Link2SD kemudian Settings.

Demikian tutorial cara menggunakan link2sd untuk memindahkan aplikasi dari memori hp ke eksternal SD Card.

Thanks for reading & sharing APLIKASI ANDROID

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

Search

Powered by Blogger.