Home » » Mengatasi Aplikasi yang Force Close di HP Android

Mengatasi Aplikasi yang Force Close di HP Android

Posted by APLIKASI ANDROID on Saturday, January 4, 2014

Tidak sedikit aplikasi yang memiliki bug, runtime error, abnormal terminate, crash debug, dll. Cara Mengatasi Aplikasi yang Force Close di Android akan dijelaskan secara mudah disini. Force Close adalah salah satu masalah yang sering muncul saat anda meiginstall suatu program aplikasi di HP Android. Tentu saja, pengguna akan merasa bahwa smartphone lah yang bermasalah namun bukan disebabkan kerusakan OS Android.

Baiklah, Divandroid akan menjelaskan apa itu Force Close, kapan terjadinya, dan bagaimana cara mengatasi Force Close pada hp Android anda? Force Close adalah suatu keadaan dalam sistem Android saat sebuah aplikasi baik itu program ataupun game yang sedang dibuka oleh pengguna/ user namun harus dipaksa tertutup karena aplikasi yang dibuka mengalami not responding. Contohnya seperti gambar berikut :

force close android

Beberapa penyebab terjadinya Force Close :
  • Aplikasi tidak mendukung perangkat device Android anda.
  • Sistem Kernel yang tidak mau mengeksekusi program.
  • Salah menyimpan file sehingga ketika aplikasi berjalan tidak menemukan datanya.
  • Memory terpakai habis karena aplikasinya not responding sehingga terpaksa harus dihentikan oleh sistem OS Android
  • Aplikasi terkena / terinjeksi virus yang membuat program memiliki kesamaan data / terjadi pengulangan sistem yang membuat crash.
Berikut ini merupakan macam-macam Force Close pada Android dan solusi mengatasinya:

1. Force Close All Apps
Yaitu Force Close pada saat setelah flash (ganti custom rom) tapi lupa wipe data maka hasilnya semua Aplikasi tidak dapat dibuka. Nah, untuk cara mengatasinya Anda hanya perlu masuk Recovery Mode lalu wipe data, ini berguna untuk mereset data sebelumnya sehingga Aplikasi tidak tumpang tindih.

2. Force Close Some Apps
Yaitu banyak sekali Aplikasi yang tidak bisa dibuka tetapi Kasus seperti ini hampir sama dengan yang diatas, Force Close some Apps masih bisa diatasi dengan program Titanium BackUp, tersedia di google play. Jadi, Aplikasi yang tidak bisa di buka hanya perlu restore data saja. Lalu bagaimana kalau tidak punya aplikasi backup dari titanium backup? itu berarti Anda harus wipe data via recovery kemudian install kembali Aplikasinya.

3. Force Close An Apps
Yaitu dimana suatu aplikasi tidak dapat dibuka atau mental langsung ke HomeScreen / layar Depan, kasus yang ini kadang susah kadang gampang tergantung kepada Aplikasi yang Force Close itu sendiri. Kadang-kadang masalah yang seperti ini cukup mudah dengan Reinstall saja sudah langsung bisa teratasi.

Penanganan selanjutnya untuk mengatasi Force Close di hp Android yaitu:
  1. Lakukan penginstalan ulang pada Aplikasi yang bermasalah, apabila masih terjadi Force Close.
  2. Reset data aplikasi tersebut, jika masalahnya belum hilang juga.
    Lakukan penginstalan di memory internal (kadang aplikasi yang Force close tersebut enggan di tempatkan di external), setelah install tempatkan aplikasi pada folder yang sesuai, folder Android/Data,  Android/obb, atau Gameloft/games.
  3. Langkah selanjutnya wipe data via Recovery Mod (ini membuat apps user hilang) Jika aplikasi yang bermasalah Adalah aplikasi user, install kembali saat setelah wipe data. Atau mungkin Anda perlu ganti Kernel atau CustomRomnya sekalian (saya pernah menginstall suatu aplikasi tapi tidak dapat dibuka, kemudian saya ganti kernel plus cuctom rom alhasil aplikasi berjalan walaupun lambat

Demikian beberapa pengetahuan tambahan mengenai cara mengatasi masalah Force Close di Aplikasi Android. Aplikasi Edit Foto Terbaru 2014 dapat anda test apakah force close atau tidak. Semoga bermanfaat.

Thanks for reading & sharing APLIKASI ANDROID

Previous
« Prev Post

1 komentar:

Search

Powered by Blogger.