Home » , » Kode Rahasia untuk Bermain Catur di Facebook Messenger

Kode Rahasia untuk Bermain Catur di Facebook Messenger

Posted by APLIKASI ANDROID on Wednesday, October 19, 2016

BLOG KOMPUTER - Siapa sih yang tidak mengenal game yang satu ini? Yap, game catur. Ternyata game yang satu ini terdapat pada jejaring sosial media terbesar, Facebook. Siapa juga yang tidak punya Facebook? Pasti semua orang, bahkan rata-rata semua penduduk Bumi mempunyai satu atau dua akun Facebook. 


Namun sobat tahu tidak? Jika Facebok sekarang memberikan sebuah fitur menarik bagi para penggunanya yang berupa game. Ya, Game Catur. Game catur ini sekarang sudah bisa dimainkan di Facebook. Dengan cara menggunakan Facebook Messenger atau jika didalam browser Firefox atau Chrome bisa melalui Pesan/Obrolan. Seperti dibawah ini.


Gambar diatas adalah contoh screenshot di Laptop saya, yang menggunakan browser Chrome. Caranya gimana sih agar bisa main di Facebook? Untuk bermain Game catur di Facebook, sobat harus login menggunakan akun Facebook sobat, dan bukalah obrolan atau pesan. Klik salah satu teman anda yang ingin sobat ajak untuk bertanding game catur. Keduanya harus Online, ya!

Setelah itu, ketikkan "@fbchess play" (tanpa tanda petik), lalu tekan Enter atau Kirim. Maka secara otomatis, Facebook akan mengirimkan gambar yang berupa Papan Catur dan bidak-bidaknya untuk bermain Catur dengan teman sobat.

Eits, tunggu dulu! Game catur ini tidak akan bisa digerakan atau digeser dengan mouse atau jari sobat. Tetapi ada kode rahasianya untuk bermain Game Catur ini. 

Caranya sangat mudah, kok. Sebelum memulai, sobat harus mengetahui dulu singkatan dari nama-nama bidak catur, berikut ini: P untuk Pion, N untuk Ksatria atau Kuda, B untuk Uskup, R untuk Benteng, Q untuk Ratu, dan K untuk Raja. Jika sobat sudah tau singkatan dari nama-nama bidaknya, sekarang kita lanjutkan untuk bermain Game Catur ini.

Jika sobat ingin menggerakkan Pion, sobat hanya tinggal ketik @fbchess Pe3. Terserah sobat ingin memindahkan Pion yang mana, asalkan sesuai abjad. Contoh, sobat ingin memindahkan Pion yang berada di posisi "d" untuk maju dua langkah kedepan, dengan cara, ketik @fbchess Pd4. Maka Pion yang berada pada posisi "d" akan berpindah maju dua langkah ke depan. Atau sobat ingin memindahkan Ksatria atau Kuda, tinggal ketikkan saja @fbchess Nf3 atau @fbchess Nc3. Silahkan lihat gambar dibawah ini.


Gambar diatas adalah ketika saya memindahkan Ksatria atau Kuda ke posisi 'f3'. Jika sobat ingin memindahkan yang lainnya, tinggal ketikkan saja seperti contoh diatas. Dan hanya mengganti kode dibelakang @fbchess-nya saja. Selain itu, sobat bisa membatalkan semua langkah bidak atau mengembalikan posisi bidak ke posisi semula dengan cara mengetik @fbchess undo. Atau sobat juga bisa mengundurkan diri atau menyerah dari permainan dengan cara mengetik @fbchess resign. Dan jika masih bingung, sobat bisa meminta bantuan dengan mengetik @fbchess help.

Bagaimana? Mudah bukan? Sangat mudah, loh! Selamat mencoba bermain catur di Facebook Messenger dengan teman sobat, ya! 

Demikian artikel tentang Kode Rahasia untuk Bermain Catur di Facebook Messenger. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba dan semoga berhasil melawan teman-temannya, ya!.

Thanks for reading & sharing APLIKASI ANDROID

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

Search

Powered by Blogger.